Rabu, 07 Desember 2011

PENGERTIAN DINAMOMETER


Sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tenaga atau daya yang dikeluarkan atau dihasilkan dari suatu mesin kendaraan bermotor. Dinamometer atau dyno test, adalah sebuah alat yang juga digunakan untuk mengukur putaran mesin/RPM dan torsi dimana tenaga/daya yang dihasilkan dari suatu mesin atau alat yang berputar dapat dihitung.

Dynamometer dapat dibagi dalam dua jenis yang pertama adalah yang memalang langsung terhadap mesin, dikenal dengan nama Dinamometer Mesin- engine dyno, dan sebuah dyno yang dapat mengukur daya dan torsi tanpa memindahkan mesin kendaraan dari rangka kendaraan, dan dikenal sebagai sebuah Dinamometer rangka – chassis dyno.

A.Dinamometer Mesin – engine dynamometer
Dinamometer Mesin atau engine dyno digunakan untuk mengetahui besar jumlah tenaga atau daya yang dikeluarkan oleh suatu mesin. Dalam prakteknya, dynamometer mesin mengukur tenaga sebenarya yang dari mesin kendaraan bermotor. Dinamometer Mesin memberikan data yang terbaca dalam satuan daya kuda atau horsepower. Satuan ini dinotasikan dengan dua huruf yaitu, dk
B.Dinamometer rangka – chasis dynamometer
Dinamometer rangka /sasis adalah suatu alat uji otomotif yang digunakan untuk mengukur daya sebenarnya yang diberikan motor kepada roda–roda penggerak. 

Kendaraan digerakkan dari bawah oleh dua pemutar- rollers sehingga roda kemudi dapat memutar penggiling.
Teknisi dapat menghubungkan sebuah aneka alat uji lainnya untuk menguji mesin dibawah kondisi kerja. Ketika kendaraan dijalankan diatas dynamometer, alat uji menampilkan kemampuan mesin saat mesin bekerja, berakselerasi, berkelok-kelok dan saat perlambatan akselerasi.
Perhitungan daya
         Daya mekanis
Sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Dinamometer ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui tentang daya mekanis.
Sesuai dengan defenisi kerja, jika muatan 6000 pon diangkat ketinggian 80 kaki, diperlukan kerja sebagai berikut :
 60.00 pon x 80 kaki = 480.000 pon-kaki
Disini tidak dikatakan mengenai waktu yang diperlukan untuk mengangkat muatan tersebut, tetapi hanya diperlukan kerja 480.000 pon kaki..

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda