Minggu, 13 November 2011

Mesin dan Komponen utama Sepeda Motor


MESIN DAN KOMPONEN UTAMA





PENDAHULUAN



Sepeda  motor,  seperti  juga  mobil  dan  pesawat  tenaga  lainnya,
memerlukan  daya  untuk  bergerak,  melawan  hambatan  udara,  gesekan ban  dan  hambatan-hambatan  lainnya.  Untuk  memungkinkan  sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.
Mesin  merupakan  alat  untuk  membangkitkan  tenaga,  ia  disebut sebagai  penggerak  utama.  Jadi  mesin  disini  berfungsi  merubah  energi panas  dari  ruang  pembakaran  ke  energi  mekanis  dalam  bentuk  tenaga putar.
Tenaga   atau   daya   untuk   menggerakkan   kendaraan   tersebut diperoleh  dari  panas  hasil  pembakaran  bahan  bakar.  Jadi  panas  yang timbul   karena   adanya   pembakaran   itulah   yang   dipergunakan   untuk

menggerakkan  kendaraan,  dengan  kata  lain  tekanan  gas yang  terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin.




Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu:
1.   Kepala silinder (cylinder head)
2.   Blok silinder mesin (cylinder block)
3.   Bak engkol mesin (crankcase)
mesin 4 tak dan 2 tak
 

 
1.  Kepala Silinder (Cylinder Head)                  
gb. kepala silinder dan kelengkapannya
         Bagian paling atas                                       
dari kontruksi mesin sepeda motor adalah kepala silinder. Kepala silinder berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan
tempat dudukan
busi.

Kepala  silinder  bertumpu  pada  bagian  atas  blok  silinder.  Titik tumpunya  disekat  dengan  gasket  (paking)  untuk  menjaga  agar  tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder  dan  permukaan  bagian  atas  blok  silinder  tidak  rusak.  Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat  juga  tahan  pada  suhu  tinggi  serta  ringan.  Biasanya  bagian  luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.


2.  Blok Silinder Mesin

Silinder   liner   dan   blok   silinder   merupakan   dua   bagia yang melekat  satu  sama  lain.  Daya  sebuah  motor  biasanya  dinyatakan  oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan  bahannya  tidak  sama.  Silinder  liner  dibuat  dari  bahan  yang  tahan terhadap  gesekan  dan  panas,  sedangkan  blok  dibuat  dari  besi  tuang

yang  tahan  panas.  Pada  mulanya,  ada  yang  merancang  menjadi  satu, sekarang sudah jarang ada. Sekarang dibuat terpisah berarti silinder liner dapat  diganti  bila  keausannya  sudah  berlebihan.  Bahannya  dibuat  dari besi tuang kelabu. Untuk motor-motor yang ringan seperti pada sepeda motor  bahan  ini  dicampur  dengan  alumunium.  Bahan  blok  dipilih  agar memenuhi  syarat-syarat  pemakaian  yaitu:  Tahan  terhadap  suhu  yang tinggi,  dapat  menghantarkan  panas  dengan  baik,  dan  tahan  terhadap gesekan.





Gambar 2.4  Blok Silinder


Blok  silinder  merupakan  tempat  bergerak  piston.  Tempat  piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus  agar  tidak  cepat  aus  akibat gesekan. Meskipun  telah  mendapat pelumasan  yang  mencukupi  tetapi  keausan  lubang  silinder  tetap  tak dapat  dihindari.  Karenanya  dalam  jangka  waktu  yang  lama  keausan tersebut  pasti  terjadi.  Keausan  lubang  silinder  bisa  saja  terjadi  secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan.
3.  Bak engkol mesin (crankcase)


Crankcase  (bak  engkol)  biasanya  terbuat  dari  aluminium  die casting dengan sedikit campuran logam.
Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, yaitu komponen:
-     Generator atau alternator untuk pembangkit daya tenaga listriknya sepeda motor
-     Pompa oli
-     Kopling
-     Poros engkol dan bantalan peluru
-     Gigi persneling atau gigi transmisi
-     Sebagai penampung oli pelumas

gb. bak engkol



Bak  engkol  terletak  di  bawah  silinder  dan  biasanya  merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.



Poros Engkol (crankshaft)

Fungsi  poros  engkol  adalah  mengubah  gerakan  piston  menjadi gerakan putar (mesin) dan meneruskan gaya kopel (momen gaya) yang dihasilkan motor ke alat pemindah tenaga sampai ke roda.



gb. poros engkol dan piston

 
Beban  yang  bekerja  pada  poros   
engkol adalah:
-     Beban puntir (torsi)
-     Beban lengkung (bengkok)
-     Beban sentrifugal





                     

Poros  engkol  umumnya  ditahan  dengan  bantalan  luncur  yang ditetapkan  pada  ruang  engkol.  Bantalan  poros  engkol  biasa  disebut bantalan utama.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda