Gangguan-Gangguan Pada sistem Pendingin AC
TROUBLE SHOOTING AC KENDARAAN / MOBIL
Cara
menemukan asal gangguan pada instalasi AC dapat dibagi dalam dua metode, yaitu
metode penemuan dengan indra lihat/dengar dan metode penemuan secara mekanis.
1.
Metode Penemuan dengan Indra Lihat/Dengar
Cara
penemuan adalah sebagai berikut:
a) Mengamati
ban kompressor, apakah belt itu tidak kendur pemasangannya?
Apabila
pemasangan belt pada puli kompressor terlalu kendur, rotasi kompressor merosot
dan tidak tahan lama beltnya. Jika belt kompressor ternyata kendur, harus
dikencangkan secukupnya.
b) Terdengar
suara bising dari sekitar kompressor
Suara bising timbul dari pemasangan kompressor yang kendur,
maka perlu diperiksa tempat pemasangannya.
c) Terdengar
bunyi di dalam kompressor
Jika klep patah atau lager sudah keausan maka akan
menimbulkan bunyi. Bilamana terdengar bunyi demikian, maka harus segera
membongkar kompressor untuk di reparasi. Selain itu, karena kekurangan oli pun
dapat menyebabkan bunyi sehingga harus di cek sisa oli dalam kompressor.
d) Permukaan
sirip-sirip kondensor tercemar dengan debu atau lumpur
e) Apabila
permukaan sirip-sirip kondensor diliputi debu atau lumpur, daya pendinginan
kondensor akan merosot. Maka harus dibersihkan setiap celah antara sirip-sirip
dengan menggunakan semprotan air. Jangan memakai sikat yang kaku untuk
membersihkannya karena akan membengkokkan sirip-sirip. Apakah filter udara
tidak mampat dengan kotoran. Bilamana
terdapat endapan kotoran pada filter udara, maka volume udara akan berkurang.
f) Tampak
oli yang mencemarkan bagian-bagian sambungan saluran
Tempat yang tampak tercemar oli menunjukkan adanya
kebocoran gas refrigeran. Sebab, oli dalam kompressor yang terkandung dalam gas
refrigeran merembes keluar dari celah-celah di mana kebocoran terjadi.
Bilamana menemukan tempat yang tercemar dengan oli,
biasanya dibagian gasket atau niple-niple sambungan, maka harus dikencangkan
atau mengantinya dengan yang baru.
g) Terdengar
suara bising di sekitar motor fan/blower
Bila
terdengar suara bising ketika motor fan dijalankan dengan laju bertahap dari LO
– MED sampai HI, ada kemungkinan sayap kincir kesenggol pada sesuatu benda atau
pemasangan motor pada rangka mobil menjadi renggang.
h)
Pengamatan pada lubang kaca di
pucuk receiver
Apabila
pada lubang kaca tampak banyak busa selama kompresor dijalankan, hal itu
menandakan kekurangan isi refrigeran.
Bilamana
tidak tampak sama sekali busa setelah kondensor didinginkan dengan menyirami
air, hal itu menandakan bahwa pengisian gas refrigeran terlalu jenuh. Untuk
mengurangi isi gas refrigeran, kendurkan klep service saluran tekanan rendah
pada kompressor. Dalam hal ini harus dijaga agar mengendurkan klep service
dengan sangat perlahan-lahan, jangan sampai gas refrigeran lolos keluar
terlampau banyak.
2.
Metode Penemuan secara Mekanis
Guna mengetahui asal
gangguan dengan metode ini maka diperlukan suatu alat pengukur tekanan yang
disebut manifold gauge.
Cara penemuannya adalah
sebagai berikut:
Pertama kedua katup
pada manifold gauge (LO dan HI) ditutup rapat, lalu dua buah selang (merah dan
biru) dipasang masing-masing pada klep service kompressor. Karena masih
terdapat sejumlah udara di dalam selang, setelah niple selang dipasang pada
klep service, niple sambungan pada manifold gauge dikendurkan sedikit agar
udara dalam selang terdesak keluar dengan tekanan gas rferigeran, dan
dikencangkan kembali.
Pada
gambar di bawah ini, dua buah jarum indikasi pada manifold gauge LO dan HI
masing-masing menunjukkan 1,5 – 2,0 kg/cm2 dan 14,5 – 15 kg/cm2 selama
instalasi AC berjalan normal dengan kondisi: Suhu udara sekitar |
300 – 350 C |
Rotasi mesin mobil |
2000 rpm |
Setelan pendinginan |
Maksimum |
Laju rotasi motor fan
|
maksimum |
PenunjukkanTekanan
standar
·
Kurang volume pengisian refrigeran
Akibat gangguan |
: |
Daya pendinginan
kurang |
Gejala-gejala
gangguan |
: |
Tekanan di kedua sisi
tekanan LO dan HI lebih rendah daripada tekanan normal. Melalui lubang kaca
receiver tampak busa-busa yang ikut mengalir. Angin yang keluar
dari lubang hembusan evaporator tidak terasa dingin, hanya agak sejuk. |
Penyebab gangguan |
: |
Sepanjang saluran
instalasi terdapat suatu bagian entah di mana yang bocor. |
Sumber gangguan |
: |
Gas refrigeran bocor.
Terjadi kekurangan
volume refrigeran di dalam saluran instalasi. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Mencari posisi
kebocoran gas refrigeran dengan detector atau tester dan memperbaiki bagian
tersebut. Mengisi gas
refrigeran untuk memenuhi kekurangannya. |
·
Pengisian refrigeran yang
berlebih atau daya pendinginan kondensor kurang
Akibat gangguan |
: |
Sistem pendingin
tidak mampu untuk mendinginkan udara di dalam mobil secukupnya. |
Penyebab gangguan |
: |
Karena refrigeran
terlalu jenuh di dalam saluran instalasi, maka kemampuan pendinginan merosot.
|
Sumber gangguan |
: |
Pengisian refrigeran
yang berlebihan Sela sirip-sirip kondensor
mampat oleh kotoran dan debu Pemasangan belt kipas
radiator kendur. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Membersihkan sela
sirip-sirip kondensor. Mengencangkan
pemasangan belt kipas. Kendurkan nipple
selang yang disambung dengan katup LO untuk membuang gas refrigeran yang
berkelebihan. |
·
Kemasukan udara di dalam
saluran instalasi
Akibat gangguan |
: |
Sistem pendingin
tidak dapat mendinginkan udara dalam mobil sebagaimana biasanya. |
Gejala-gejala
gangguan |
: |
Tekanan pada sisi LO
dan HI lebih tinggi daripada tegangan normal. Bila menyentuh tangan
pada pipa saluran gas refrigeran (tekanan rendah) tidak terasa dingin. |
Penyebab gangguan |
: |
Di dalam saluran
instalasi kemasukan udara. |
Sumber gangguan |
: |
Pekerjaan vakum kurang
sempurna. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Mengganti receiver
dengan yang baru Memeriksa cemaran dan
banyaknya oli di dalam compressor. Mengulangi pekerjaan
vakum kemudian mengisi gas refrijeran kembali. |
·
Di dalam saluran instalasi terdapat
air
Akibat dari gangguan |
: |
Sistem pendingin
hanya mendinginkan udara dalam mobil secara periodik, kadang-kadang tidak
dapat mendinginkan. |
Gejala-gejala
gangguan |
: |
Selama sistem
pendingin dijalankan, jarum indikasi menunjukkan bilangan positif (dari nol
ke atas) dan angka negative secara berganti-ganti. |
Penyebab gangguan |
: |
Air yang tercampur
dalam refrigeran membeku di lubang nozzle sehingga aliran refrigeran terhenti
sementara. Bilamana es yang
memampatkan lubang tersebut melebur, aliran refrigeran mulai berjalan
kembali. |
Sumber gangguan |
: |
Isi di dalam drier
menjadi jenuh sekali Kadar air yang
tercampur di dalam refrigeran tidak dapat diserap semuanya oleh receiver
sehingga air mengalir sampai katup ekspansi. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Mengganti receiver
dan drier dengan yang baru. Berulang-ulang
membuang refrigeran sampai kadar air dapat dihilangkan. Mengisi refrigeran
baru menurut volume yang wajar. |
·
Sirkulasi refrigeran tidak
berjalan
Akibat dari gangguan |
: |
Udara di dalam mobil
tidak dingin (hanya kadang-kadang saja dinginnya). |
Gejala-gejala
gangguan |
: |
Jarum indikasi
tekanan rendah menunjukkan bilangan di bawah nol dan tekanan tinggi jauh di
bawah standar. |
Penyebab gangguan |
: |
Pada nozel katup
ekspansi terjadi pembekuan air atau dimampatkan oleh butir kotoran yang
terkandung dalam cairan refrigeran, sehingga aliran refrigeran terganggu. |
Sumber gangguan |
: |
Katup ekspansi
mampat, sirkulasi tidak jalan. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Bongkar katup
ekspansi, lalu bersihkan. Lakukan pemvakuman
udara dan isi refrigeran baru |
·
Renggang nozel katup ekspansi atau kurang rapat pemasangan sensing
bulb
Akibat dari
gangguan |
: |
Kurang dingin |
Gejala-gejala
gangguan |
: |
Tegangan rendah
dan tinggi menunjukkan bilangan di atas standar. Pada pipa saluran cairan,
terdapat embun (frost). |
Penyebab
gangguan |
: |
Gangguan pada
katup ekspansi atau pemasangan sensing bulb kurang rapat. |
Sumber gangguan
|
: |
Nozle katup
ekspansi terbuka terlalu renggang Volume aliran
refrigeran cair mengalir terlalu banyak. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Membetulkan
letak sensing bulb agar menempel dengan pipa saluran. Mengatur stelan
nozle, bila tidak bisa ganti katup ekspansi dengan yang baru. |
·
Kompresi yang kurang baik dari kompressor
Akibat dari gangguan |
: |
Cooler tidak dapat
mendinginkan udara di dalam mobil. |
Gejala-gejala
gangguan |
: |
Tekanan rendah
menunjukkan bilangan yang tinggi dan tekanan tinggi menunjukkan bilangan
rendah dari standar. |
Penyebab gangguan |
: |
Terjadi kebocoran
klep di kompresor. |
Sumber gangguan |
: |
Klep kompresi tidak
dapat menutup rapat, terdapat cacat pada piston. |
Cara mengatasi
gangguan |
: |
Bongkar kompresor
untuk direparasi. |
Label: Otomotif
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda