Sistem Differensial/Gardan
Differensial/Gardan
Gardan adalah komponen yang berfungsi untuk meneruskan
tenaga mesin ke poros roda. Gardan meneruskan putaran ke as roda dan as roda
akan memutar roda sehingga kendaraan dapat berjalan.
Fungsi utama
gardan adalah membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang
membelok. Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa
membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir.
Fungsi gardan pada mobil:
1.
Merubah arah
putaran mesin
2.
Memperbesar
momen
3.
Membedakan
putaran roda kiri dan kanan saat berbelok
Komponen utama gardan adalah :
·
Final gear,
terdiri atas:
o Gear dan drive pinion
·
Differensial,
terdiri atas:
o Pinion gear dan differensial carrier
Adapun cara kerja gardan adalah sebagai berikut :
Pada saat
mobil berjalan lurus :
Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda
kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.Dan juga beban
yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama. Sehingga urutan
perpindahan putaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive
pinion . Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama - sama
dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential case ,
maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena
antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft.
Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah sama saat jalan lurus ,
maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar
dalam satu kesatuan. Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear
tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama -
sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila
differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar satu kali
juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian
akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan kemudian menggerakkan roda.
Pada saat
kendaraan membelok :
Pada saat mobil sedang membelok beban yang ditanggung
pada roda bagian dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda
bagian luar . Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda
kiri akan lebih besar daripada beban roda kanan. Dengan demikian urutan
perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel akan
diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear .
Dengan berputarnya ring gear maka differential case akan terbawa juga
untuk berputar. Karena beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok
ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion
gear untuk tidak berputar . Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan
membuat pinion gear menjadi berputar mengitari side gear kiri. Dengan
berputarnya pininon gear , maka side gear kanan akan diputar oleh pinion gear.
Sehingga side gear kanan akan berputar lebih cepat dari side gear kiri.
Gerakan side gear ini akan diteruskan ke as roda kemudian ke roda. Untuk roda
kanan akan berputar lebih cepat dari pada roda kiri karena side gear
kanan berputar lebih cepat.
sumber:google
Label: Otomotif
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda